Edgar Dale dan James Finn merupakan
dua tokoh yang berjasa dalam pengembangan Teknologi Pembelajaran modern. Edgar
Dale mengemukakan tentang Kerucut Pengalaman (Cone of Experience) sebagaimana
tampak dalam gambar 1 berikut ini :
Dari gambar tersebut dapat kita
lihat rentangan tingkat pengalaman dari yang bersifat langsung hingga ke
pengalaman melalui simbol-simbol komunikasi, yang merentang dari yang bersifat
kongkrit ke abstrak, dan tentunya memberikan implikasi tertentu terhadap
pemilihan metode dan bahan pembelajaran, khususnya dalam pengembangan Teknologi
Pembelajaran.
teori/konsep baru dan teknologi), media pendidikan (pembelajaran) terus
mengalami perkembangan dan tampil dalam berbagai jenis dan format, dengan
masing-masing ciri dan kemampuannya sendiri. Dari sinilah kemudian timbul
usaha-usaha untuk melakukan kerucut
pengalaman menurut Edgar Dale Edgar
Dale. Media pembelajaran merupakan komponen
instruksional yang meliputi pesan, orang, dan peralatan. Dengan masuknya
berbagai pengaruh ke dalam dunia pendidikan (misalnya teori/konsep baru
dan teknologi), media pendidikan (pembelajaran) terus mengalami perkembangan
dan tampil dalam berbagai jenis dan format, dengan masing-masing ciri dan
kemampuannya sendiri. Dari sinilah kemudian timbul usaha-usaha untuk melakukan
klasifikasi atau pengelompokan media, yang mengarah kepada pembuatan taksonomi
media pendidikan/pembelajaran. Usaha-usaha ke arah taksonomi media tersebut
telah dilakukan oleh beberapa ahli. Dengan demikian, media menurut taksonomi
Bretz dikelompokkan menjasi 8 kategori: 1) media audio visual gerak, 2) media
audio visual diam, 3) media audio semi gerak, 4) media visual gerak, 5) media
visual diam, 6) media semi gerak, 7) media audio, dan 8) media cetak.
Mantab y blognya ,,keren.
BalasHapussalam ukhuwah
mbak, mau tanya cone of experience ini sumbernya dari mana ya?
BalasHapus